Tips Civilization 6 Untuk Pemula - Hallo sahabat Drark Gamez, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tips Civilization 6 Untuk Pemula, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Tips, Artikel Trik, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Tips Civilization 6 Untuk Pemula
link : Tips Civilization 6 Untuk Pemula

Baca juga


Tips Civilization 6 Untuk Pemula


Tips Civilization 6 Untuk Pemula











Pertama. Following the tutorial is a must!.


Buat siapapun yang berniat memainkan gim Civilization series (Civ), 1 hal yang perlu diketahui ialah, gim ini berbeda. Mohon jangan samakan ia dengan gim bergenre real-time strategy (RTS) seperti Command and Conquer seriesCompany of Heroes seriesStronghold series, hingga Empire Earth series. Yang saya sebutkan di atas berfokus pada bagaimana cara membangun basis pertahanan, memproduksi pasukan dan alat tempur, serta menghancurkan musuh (untuk Empire Earth dan Stronghold sedikit bisa bermain politik,). Civ bergenre turn-based strategy (TBS). Sehingga untuk bisa memainkannya, mengikuti tutorial merupakan suatu keharusan. Kalian akan diperkenalkan banyak elemen dalam membangun suatu peradaban, seperti politik, militer, dan teknologi. Selain itu, kalian diajarkan bagaimana membangun suatu kota, memprioritaskan 1–2 elemen dari ketiganya, memulai/mengakhiri aliansi, hingga menyerang/mempertahankan kota. Mohon ikuti dengan sabar dan seksama!


Kedua. (Very) Easy start is good for you.


Sebenarnya, ini tergantung respon kalian setelah mengikuti tutorial tadi. Apabila kalian adalah Maso-gamer (Masochistic gamer), yang suka girang kalo berkali-kali kalah main, memilih langsung very hard itu hak Anda. Tapi, sebagai seorang newbie, kenapa tak coba bermain gampang? Mengambil level Easy atau dibawahnya juga ga masalah. Fokus kita disini ialah melihat dulu bagaimana cara kerja gim nya. Ibaratnya tes ombak lah. Karena menurut saya, bermain dengan bermodalkan tutorial saja ga cukup. Kita harus tahu behavior para pemimpin yang dimainkan oleh PC. Kan ga lucu kalo baru kali main, baru aja bangun 1 kota, PC udah punya 5 kota. Atau baru bangun 1 kota, eh diinvasi ama semua pemimpin. Nanti ujung-ujungnya kalian nganggep, Civ ini gim susah kayak Dark Souls series, padahal kaliannya aja yang suka greget. Saran saya, tes ombak aja dulu, baru siap berlayar…


Ketiga. Roads Connect Everything.


Sekarang saatnya tips ketika kita berada di dalam gim nya (in-game). Setiap kota bisa kamu hubungkan dengan jalan, dan rel kereta. Ini sangat penting, karena ia dapat mengurangi jumlah turn dari setiap aktivitas yang kamu lakukan (ingat, ini gim TBS), misalnya mengurangi jumlah turn untuk worker waktu kalian transfer mereka dari ibukota ke kota lainnya, atau memobilisasi semua pasukan dan alat tempur kalian dengan cepat kala sedang mode bertahan.


Keempat. Balancing the elements.


Ini sangat penting lho. Jangan sampai negara kalian udah sampai peradaban menemukan listrik, eh pasukan kalian masih menggunakan baju zirah. Bisa-bisa pasukan kalian udah nuke di ama si Botak. Makanya, ini tetap menjadi perhatian yang penting. Usahakan teknologi dan militer berjalan beriringan, agar ga kejadian yang saya sebutkan di atas.














  1. Musnahkan India secepatnya.

  2. Jangan malu menggunakan level kesulitan paling mudah. Game yang satu ini memang tidak gampang ditaklukkan. Civ V dan VI sudah lebih mendingan sih dibanding sulitnya Civ IV.

  3. Fokus bermain satu negara terlebih dahulu. Setelah menentukan pilihan, cari tahu kekuatannya. Dari situ kita bisa tahu apa jenis kemenangan yang paling mudah didapatkan dari civ kamu. Misalnya Korea, lebih mudah untuk kemenangan jenis sains. Jepang, dominasi. Prancis, budaya. Aztek, dominasi + budaya. Jika sudah ahli dengan satu negara, coba negara lain lagi.

  4. Cari tahu juga kapan era yang baik untuk mulai mendominasi. Misalnya Aztek punya unit unik pada zaman kuno, artinya harus agresif di awal, lalu perlahan-lahan menjadi normal. Roma juga di awal tapi tidak seawal Aztek. Roma harus menunggu zaman klasik agar Legion-nya bisa dipakai. Selama zaman kuno, Roma sama saja dengan civ lainnya. Demikian juga Jepang saat zaman Samurai, bedanya ada di poin selanjutnya.

  5. Selain unit unik, ada kemampuan unik tiap civ. Gabungkan itu dengan unit unik (dan bangunan unik) untuk tahu kapan dan bagaimana kamu mulai agresif. Misalnya Jepang di civ 5. Kemampuan uniknya membantu kamu berperang di segala zaman, namun tentu saja keunggulanmu berlipat-lipat jika menggunakan Samurai.

  6. Biasanya tiap civ tidak hanya memiliki satu jenis kemenangan yang baik untuk dituju. Ada rencana cadangannya. Misalnya Aztek dengan Jaguarnya tentu mengincar dominasi sejak awal. Namun tiap musuh yang dibunuh menghasilkan poin budaya sehingga kebudayaan Aztek bisa jauh lebih maju dari saingan-saingannya. Untuk Arab, bisa mengincar diplomasi dan dominasi. Dominasi ketika memiliki unit unik (Unta Pemanah), atau diplomasi ketika sudah punya uang melimpah dan bisa membeli suara civic states. O ya itu untuk civ 5, tapi saya harap kamu sudah paham konsepnya dan kembangkan sesuai versi civ yang kamu mainkan.

  7. Jangan takut berperang dari awal apalagi kalau itu masa-masa keemasan civ-mu. Salah satu penyakit gamer perfeksionis adalah enggan konfrontasi jika teknologi belum canggih atau zaman belum modern. Tidak semua civ unggul di zaman modern. Kenyataan pahitnya adalah pada akhir zaman (eh, kok tiba-tiba jadi religius), yang menentukan civ mana yang unggul adalah keputusan-keputusan yang diambil pada zaman-zaman sebelumnya, khususnya saat zaman yang seharusnya civ itu unggul. Jaguar tidak akan ada sepanjang zaman, begitu juga dengan Samurai, bahkan Panzer-nya jerman. Semuanya sudah tidak dipakai di akhir zaman.

  8. Keajaiban dunia bukan segalanya. Jangan incar untuk membangun semua. Pastikan yang mana targetmu, dan abaikan yang lain. Jangan kaget ketika kotamu yang penuh keajaiban itu dikepung pasukan yang sangat banyak. Kamu sendiri tidak punya pasukan karena sibuk membangun keajaiban dunia. Pilih yang sesuai target jalur kemenangan saja.

  9. Ketika akan membuat keputusan, misalnya ingin bangun keajaiban dunia atau latih pasukan, save. Lihat beberapa turn, lalu kembali ke save tadi, pilih jalur yang lain. Amati apa yang terjadi. Semoga intuisi kamu semakin tajam dan tidak perlu save-load lagi. Tidak perlu segan save-load, namanya juga pemula, gunakan mesin waktu untuk belajar.

  10. Sebenarnya ada jenis kemenangan yang imba, misalnya di civ v yaitu sains dan diplomasi. Karena itu knowledge, or money, is power. Yang paling sulit sepertinya jalur kemenangan lewat agama (civ 6).

  11. Untuk civ 5, permainan dengan sedikit kota (lambat menambah jumlah kota) adalah cara terbaik (namun paling tidak kota ke-2 harus dibangun secepatnya, kecuali kamu Venesia). Untuk civ 6, harus buat banyak kota secepatnya, agar punya banyak tempat untuk menempatkan distrik.

  12. Khusus civ 6, spesialisasi kota. Untuk dua kota pertama saya prioritaskan membangun distrik produksi dan pelatihan tentara. Untuk kota-kota lain distrik yang menghasilkan uang, lalu sains-amenities (tergantung lebih butuh yang mana).

  13. Jika dekat dengan civ yang suka perang, kamu tidak boleh santai. Pastikan jumlah pasukanmu cukup untuk menangkal serangan tiba-tiba. Kamu bisa santai kalau dekat civ cinta damai, kecuali India.

  14. Awasi India kalau kamu tidak bisa menghancurkannya dengan cepat, apalagi kalau ada deposit uranium di dalam/dekat wilayahnya.

  15. Walaupun tidak seberbahaya India, Mesir sangat menjengkelkan. Habisi mereka dan rebut semua keajaiban dunia mereka.

  16. Tidak ada aliansi abadi.



Tips Lainnya







  1. Pelajari tipe victory apa yang anda sukai dan kira-kira garis besarnya apa yang perlu dilakukan. Fokus pelajari hal itu dulu sampai anda bisa menemukan gaya bermain yang cocok.

  2. Baca baik-baik apa keistimewaan Civ yang anda pakai dan apa, serta kapan unit uniknya keluar. Jangan sampai anda main sebagai amerika, trus masih classic era nanya kapan P-51 keluar dan ngincer dominasi di era itu

  3. Pelajari taktik perang, e.g kuasai daratan tinggi, buat benteng di bukit, cara membuat serangan jepit. Di kala India menghadang atau Mongol menggila, anda bisa pakai unit yang lebih sedikit yang sudah diposisikan dengan baik untuk menghajar musuh dalam jumlah besar tapi bego kagak karuan

  4. Habisi barbarian pertama yang anda temui sebelum itu jadi masalah besar buat anda

  5. Qtizananto Zacharias Frans Hendrik , saya setuju dengan anda soal India plus dua lagi yang selalu jadi “pain in the ass” buat saya: Mongol dan Aztec.

  6. Baca nama difficulty baik-baik. Kalo anda masih cupu dan main di level Immortal, itu namanya bunuh diri. Cupu dan nubi maen aja di level settler, anda bukan seorang dewa.











Demikianlah Artikel Tips Civilization 6 Untuk Pemula

Sekianlah artikel Tips Civilization 6 Untuk Pemula kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Tips Civilization 6 Untuk Pemula dengan alamat link https://drarkgamez.blogspot.com/2020/05/tips-civilization-6-untuk-pemula.html